Dr Asbaruddin : KoPSi Sebagai Ajang Untuk Mewadahi, Mengapresiasi Dengan Menciptakan Generasi Muda Mampu Menjawab Tantangan Zaman

  • Bagikan

KoPSi 2021 ( Aceh Dalam Berita ) Kamis 28-10-2021, Sekolah Menengah Atas Negeri Unggul Kota Subulussalam wakili Provinsi Aceh di kancah nasional pada ajang Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia tahun 2021.

Pengumuman itu disampaikan Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Asep Sukmayadi di Jakarta.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs. Alhudri, MM melalui Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kota Subulussalam dan Kabupaten Aceh Singkil, Dr. Asbaruddin, S.TP, MM, M.Eng menjelaskan KoPSI merupakan ajang lomba untuk mewadahi, mengapresiasi, serta menciptakan generasi muda yang mampu menjawab tantangan zaman, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, serta mampu meningkatkan minat, bakat, dan kemampuan siswa dalam penelitian.

Bapak Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs. Alhudri, MM selalu mengarahkan seluruh Kepala Cabang Disdik untuk jenjang SMA fokus terhadap orientasi keilmuan ( scientific oriented ).

Kemudian Cabang Dinas Wilayah Subulussalam dan Aceh Singkil selalu mengarahkan pembentukan softskill dan hardskill calon ilmuan kita di SMA sesuai arahan beliau, jelas Dr Asbaruddin.

Pihaknya juga mengapresiasi kerja keras kepala sekolah dan para guru SMA Negeri Unggul Subulussalam atas bimbingan dan arahannya, tidak lupa juga apresiasi kepada seluruh kepsek yang telah berusaha mendidik anak bangsa dengan baik.

Tahun ini KoPSI mengusung tema inovasi potensi lokal untuk pemilihan Indonesia. Adapun bidang ilmu yang dilombakan ada tiga, yaitu: 1. Matematika, Sains, dan Teknologi; 2. Fisika Terapan, dan Rekayasa; dan 3. Ilmu Sosial dan Humaniora,” jelas Dr Asbaruddin.

Dr Asbaruddin menyebutkan pada tanggal 18 hingga. 22 Oktober 2021 para juri telah menilai naskah penelitian sebanyak 1.175 naskah dengan rincian bidang MST 453 naskah, bidang FTR 178 naskah dan bidang ISH 544 naskah.

Selanjutnya dipilih 175 naskah untuk mengikuti seleksi final KoPSI yaitu seleksi presentasi, wawancara, dan pameran virtual pada tanggal 15 s.d. 21 November 2021.

Pusat Prestasi Nasional juga telah melakukan beberapa penyesuaian untuk mempermudah siswa dalam mempersiapkan seleksi tahap final KoPSI secara daring yang disesuaikan dengan protokol kesehatan, sebut Dr Asbaruddin.

Kepala SMA Negeri Unggul Subulussalam, Syamsul Bahri, S.Pd mengatakan pihaknya akan terus mendampingi dan melatih para siswa yang telah menjadi finalis untuk dapat mempersiapkan diri sebaik-baiknya untuk mengikuti seleksi tahap selanjutntya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Setiap tim ada jadwal khusus untuk pembimbingannya. Supaya lebih sistematis dan lebih fokus. Untuk persiapannya sendiri, anak-anak perlu sebenarnya mengetahui penelitian itu apa sih? Fokus ke objek penelitiannya dari masing-masing tim, ujar Samsuh Bahri S.Pd.

Syamsul Bahri S.Pd menambahkan pihaknya berkomitmen terus mengikuti ajang lomba penelitian untuk siswa sekolah menengah yaitu Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia setiap tahunnya. Alhamdulillah berkat dukungan seluruh warga sekolah, para siswa pada tahun ini lolos ke tingkat nasional.

Berikut nama finalis yang mewakili Aceh pada Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia tahun 2021 :

1. Nur Hadina Br Purba dan Nurdalila
Bidang : Matematika, Sains, dan Teknologi
Sub Bidang : Farmasi, Biomedis, dan Kesehatan :
Judul : Pengaruh Penggunaan Gawai Terhadap Mata Lelah Pada Peserta Didik Selama Bdr (Belajar Dari Rumah).
SMAN Unggul Subulussalam

2. Ahda Subula dan Khairul Umam
Bidang : Matematika, Sains, dan Teknologi
Sub Bidang : Lingkungan : Botani, Zoologi, Genetika :
Judul : Kelautan Ikan Air Tawar Sebagai Potensi Lokal Kota Subulussalam : Studi Terhadap Kelimpahan Dengan Pendekatan Taksonomi, Morfometrik Dan Etnobiologi
SMAN Unggul Subulussalam

3. Novia Dwi Sartika dan Rifa Ridhatul Aisy
Bidang : Matematika, Sains, dan Teknologi
Sub Bidang : Teknologi: Bioteknologi , Teknologi Pangan, Peternakan, Pertanian, Perikanan, Teknologi Kelautan :
Judul : Pemanfaatan Minyak Ampas Kelapa Dan Kulit Bawang Merah Sebagai Leaf Shine Dalam Meningkatakan Produktivitas Tanaman Hias Rumah Selama Masa Pandemi.
SMAN Unggul Subulussalam

4. Reffi Rasbina G.Muthe dan Damin Ria
Bidang : Ilmu Sosial dan Humaniora
Sub Bidang : Sosiologi, Antropologi :
Judul : Prespektif Masyarakat Dalam Dilematis Vaksin Covid – 19 Di Kota Subulussalam Provinsi Aceh Melalui Pendekatan Weber.
SMAN Unggul Subulussalam

5. Irham Rehan dan Habib Utami
Bidang : Matematika, Sains, dan Teknologi
Sub Bidang : Lingkungan : Botani, Zoologi, Genetika. :
Judul : Kelautan Biokonversi Sampah Organik Menjadi Pakan Organik Oleh Larva Lalat Black Soldier Fly (Hermetia Illucens).
SMAN 8 Takengon Unggul Aceh.

Penulis : SKL

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *